Loading Website


Bentuk Teluk Palu Perburuk Tsunami Sulteng, Para ilmuwan mengatakan tsunami yang menghancurkan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), lebih besar dibandingkan dengan gempa yang menjadi pemicunya. Faktor-faktor lain, termasuk bentuk teluk Palu yang panjang dan sempit, berkontribusi atas terciptanya gelombang monster yang dahsyat.
Setidaknya 844 orang tewas dalam bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulteng. Jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah.
Gempa berkekuatan 7,5 SR, yang melanda pada Jumat malam menghancurkan bangunan di seluruh Palu dan daerah sekitarnya. Namun pertemuan kondisi geofisika tidak mungkin memunculkan tsunami lokal yang menghancurkan banyak struktur lain dan tentu saja menambah korban jiwa manusia.
“Gelombangnya setidaknya dua hingga tiga meter tingginya, dan mungkin dua kali lipatnya,” kata Jane Cunneen, seorang peneliti di Fakultas Sains dan Teknik Universitas Curtin di Bentley, Australia Barat, dan seorang arsitek sistem peringatan tsunami Samudra Hindia, yang dikembangkan di bawah bimbingan PBB.
Namun, dilihat dari gempa, tsunami seharusnya tidak sebesar itu.
“Dalam sebagian besar kasus, tsunami dihasilkan oleh apa yang disebut gempa dorong, yang menciptakan perpindahan vertikal besar-besaran dari dasar laut,” kata Baptiste Gombert, seorang ahli tektonik di departemen ilmu bumi Universitas Oxford. Tsunami Palu, sebaliknya, dihasilkan oleh sesar mendatar, di mana potongan-potongan kerak bumi bergerak di atas atau di bawah satu sama lain di sepanjang bidang horizontal.
“Sesar strike-slip cenderung tidak menghasilkan tsunami, karena mereka tidak mengangkat dasar laut terlalu banyak,” terang Cunneen
Jadi apa yang menyebabkan gelombang mematikan itu? Menurut para ahli setidaknya ada tiga faktor.
Salah satunya adalah saluran air laut yang sangat panjang yang berakhir buntu di kota dataran rendah Palu.
“Bentuk teluk pasti memainkan peran utama dalam memperkuat ukuran ombak,” kata Anne Socquet, seorang ahli gempa di Institut Ilmu Bumi di Grenoble yang telah mempelajari kesalahan seismik di kawasan itu.
“Teluk itu bertindak seperti corong ke mana gelombang tsunami masuk,” imbuhnya

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: